PENGERTIAN KENAKALAN REMAJA
KENAKALAN REMAJA (JUVENILE DELINQUENCY) ADALAH SUATU PERBUATAN YANG MELANGGAR NORMA, ATURAN ATAU HUKUM DALAM MASYARAKAT YANG DILAKUKAN PADA USIA REMAJA ATAU TRANSISI MASA ANAK-ANAK DAN DEWASA.
SEDANGKAN PENGERTIAN KENAKALAN REMAJA MENURUT PAUL MOEDIKDO,SH ADALAH :
1. SEMUA PERBUATAN YANG DARI ORANG DEWASA MERUPAKAN SUATU KEJAHATAN BAGI ANAK-ANAK MERUPAKAN KENAKALAN JADI SEMUA YANG DILARANG OLEH HUKUM PIDANA, SEPERTI MENCURI, MENGANIAYA DAN SEBAGAINYA.
2. SEMUA PERBUATAN PENYELEWENGAN DARI NORMA KELOMPOK TERTENTU UNTUK MENIMBULKAN KEONARAN DALAM MASYARAKAT.
3. SEMUA PERBUATAN YANG MENUNJUKKAN KEBUTUHAN PERLINDUNGAN BAGI SOSIAL.
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN REMAJA.
- REAKSI FRUSTASI DIRI
- GANGGUAN BERPIKIR DAN INTELEGENSIA PADA DIRI REMAJA
- KURANGNYA KASIH SAYANG ORANG TUA / KELUARGA
- KURANGNYA PENGAWASAN DARI ORANG TUA
- DAMPAK NEGATIF DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MODERN
- DASAR-DASAR AGAMA YANG KURANG.
- TIDAK ADANYA MEDIA PENYALUR BAKAT/HOBI
- MASALAH YANG DIPENDAM
- KELUARGA BROKEN HOME
- PENGARUH KAWAN SEPERMAINAN
-DLL
CONTOH / JENIS-JENIS KENAKALAN REMAJA :
- MEMBOLOS SEKOLAH
- KEBUT-KEBUTAN DI JALANAN
- PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA
- PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH
- PERKELAHIAN ANTAR PELAJAR
-DLL
TIPS UNTUK MENCEGAH DAN MENGATASI KENAKALAN REMAJA
.
- ORANG TUA HARUS SELALU MEMBERIKAN DAN MENUNJUKKAN PERHATIAN DAN KASIH SAYANGNYA KEPADA ANAKNYA. JADILAH TEMPAT CURHAT YANG NYAMAN SEHINGGA MASALAH ANAK-ANAKNYA SEGERA DAPAT TERSELESAIKAN.
- PERLUNYA DITANAMKAN DASAR AGAMA YANG KUAT PADA ANAK-ANAK SEJAK DINI.
- PENGAWASAN ORANG TUA YANG INTENSIF TERHADAP ANAK. TERMASUK DI SINI MEDIA KOMUNIKASI SEPERTI TELEVISI, RADIO, AKSES INTERNET, HANDPHONE, DLL.
- PERLUNYA MATERI PELAJARAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH.
- SEBAGAI ORANG TUA SEBISA MUNGKIN DUKUNGLAH HOBI/BAKAT ANAK-ANAKNYA YANG BERNILAI POSITIF. JIKA ADA DANA, JANGAN RAGU-RAGU UNTUK MEMFASILITASI HOBI MEREKA, AGAR ANAK REMAJA KITA DAPAT TERHINDAR DARI KEGIATAN-KEGIATAN NEGATIF.
-DLL
ITULAH YANG DAPAT SAYA PAPARKAN TENTANG KENAKALAN REMAJA, MULAI DARI PENGERTIAN KENAKALAN REMAJA, FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN REMAJA, CONTOH / JENIS-JENIS KENAKALAN REMAJA SAMPAI DENGAN TIPS UNTUK MENCEGAH DAN MENGATASI KENAKALAN REMAJA. SEMOGA BISA BERMANFAAT BAGI PEMBACA. MASUKAN-MASUKAN SANGAT DITERIMA SEBAGAI BAHAN PERBAIKAN DARI ARTIKEL INI, KARENA MUNGKIN BANYAK TERDAPAT KEKURANGAN DI SANA-SINI.
KENAKALAN REMAJA MERUPAKAN GEJALA UMUM, KHUSUSNYA TERJADI DI KOTA-KOTA BESAR YANG KEHIDUPANNYA DIWARNAI DENGAN ADANYA PERSAINGAN-PERSAINGAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP, BAIK YANG DILAKUKAN SECARA SEHAT MAUPUN SECARA TIDAK SEHAT.
PERSAINGAN-PERSAINGAN TERSEBUT TERJADI DALAM SEGALA ASPEK KEHIDUPAN KHUSUSNYA KESEMPATAN MEMPEROLEH PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN. BETAPA KOMPLEKSNYA KEHIDUPAN TERSEBUT MEMUNGKINKAN TERJADINYA KENAKALAN REMAJA.
PENYEBAB KENAKALAN REMAJA SANGATLAH KOMPLEKS, BAIK YANG BERASAL DARI DALAM DIRI REMAJA TERSEBUT, MAUPUN PENYEBAB YANG BERASAL DARI LINGKUNGAN, LEBIH-LEBIH DALAM ERA GLOBALISASI INI PENGARUH LINGKUNGAN AKAN LEBIH TERASA. PEMAHAMAN TERHADAP PENYEBAB KENAKALAN REMAJA MEMPERMUDAH UPAYA-UPAYA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGATASINYA. UPAYA-UPAYA TERSEBUT DAPAT BERSIFAT PREVENTIF, REPRESIF, DAN KURATIF.
TANGGUNG JAWAB TERHADAP KENAKALAN REMAJA TERLETAK PADA ORANGTUA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT, KHUSUSNYA PARA PENDIDIK BAIK YANG ADA DI KELUARGA (ORANGTUA), SEKOLAH (GURU-GURU DAN PARA GURU PEMBIMBING) MAUPUN PARA PENDIDIK DI MASYARAKAT, YAKNI PARA PEMUKA AGAMA DAN TOKOH-TOKOH MASYARAKAT.
ADAPUN MACAM – MACAM KENAKALAN REMAJA YANG SERING TERJADI DIANTARANYA ADALAH :
1. TAWURAN ANTAR PELAJAR
TAWURAN ANTAR PELAJAR ADALAH PERBUATAN YANG SANGAT BODOH, KARENA DAPAT MERUSAK FASILITAS UMUM DAN FASILITAS YG TERDAPAT DI SEKOLAH.
TAWURAN JUGA DAPAT MERUSAK MASA DEPAN, KARENA JIKA TERTANGKAP POLISI NAMA MEREKA YANG TERTANGKAP AKAN TERCEMAR.
2. MENCORET CORET DINDING SEKOLAH
MENCORET CORET SECARA ILEGAL ADALAH PERBUATAN YANG TIDAK BAIK, KARENA DAPAT MEMBUAT KOTOR SEKITAR LINGKUNGAN.
TETAPI JIKA KITA MELAKUKANNYA DENGAN BAIK, CORETAN CORETAN ITU DAPAT MANJADI KARYA KARYA SENI YANG BAIK, DAN JUGA DAPAT MANGHASILKAN MATA PANCAHARIAN YANG BAIK .
3. MENCURI
MANCURI JUGA DAPAT MERUSAK NAMA BAIK KITA, KARENA JIKA KITA KETAHUAN MENCURI, KITA AKAN MERASA SANGAT MALU, DAN KITA JUGA AKAN DI JAUHI OLEH ORANG ORANG YANG DEKAT DENGAN KITA, KARENA ORANG ITU SUDAH TIDAK PERCAYA LAGI DENGAN KITA.
4. BOLOS
KETUA KOMISI NASIONAL PERLINDUNGAN ANAK, SETO MULYADI MENGATAKAN KEBIASAAN ANAK MENGHABISKAN WAKTU LUANG ATAU MEMBOLOS SAAT JAM SEKOLAH SALAH SATUNYA DISEBABKAN KARENA PELAJARAN ATAU KEGIATAN DI SEKOLAH TIDAK MENARIK.
“KALAU DIPERHATIKAN, ANAK-ANAK AKAN BERTERIAK BAHAGIA KETIKA MENDENGAR BEL ISTIRAHAT ATAU BEL PULANG SEKOLAH,” UNGKAP KAK SETO, BEBERAPA WAKTU LALU DI JAKARTA.
LEBIH LANJUT KAK SETO MENGATAKAN, PARA AKEDIMISI SEHARUSNYA LEBIH MEMPERHATIKAN KEGIATAN YANG MENARIK DI SEKOLAH SEHINGGA PERHATIAN ANAK AKAN FOKUS PADA KEGIATAN POSITIF DI SEKOLAH.
DIA MENUNJUK, SEKOLAH NEGERI DAN PERANGKATNA YANG MASIH KURANG MAKSIMAL DALAM MENGAJAR KREATIF. BAHKAN KAK SETO MENEGASKAN, BELAJAR BUKANLAH KEWAJIBAN MELAINKAN HAK ANAK.
“BANYAK GURU YANG TIDAK MELIHAT PROSES KREATIVITAS ANAK. PADAHAL TIPE KECERDASAN DAN GAYA BELAJAR ANAK YANG SATU DENGAN YANG LAINNYA BERBEDA, TAPI SEMUANYA DISAMA RATAKAN. INI YANG MEMBUAT ANAK TIDAK BETAH ADA DI RUANG KELAS,” PAPARNYA.
5. MERUSAK FASILITAS SEKOLAH
MERUSAK FASILITAS SEKOLAH AKAN MERUGIKAN DIRI SAENDIRI DAN ORANG LAIN, KARENA KITA TIDAK BISA MEMAKAI ATAU MANGGUNAKAN FASILITAS FASILITAS TERSEBUT.
DAMPAK KENAKALAN REMAJA:
PENGERTIAN KENAKALAN REMAJA
KENAKALAN REMAJA (JUVENILE DELINQUENCY) ADALAH SUATU PERBUATAN YANG MELANGGAR NORMA, ATURAN ATAU HUKUM DALAM MASYARAKAT YANG DILAKUKAN PADA USIA REMAJA ATAU TRANSISI MASA ANAK-ANAK DAN DEWASA.
SEDANGKAN PENGERTIAN KENAKALAN REMAJA MENURUT PAUL MOEDIKDO,SH ADALAH :
1. SEMUA PERBUATAN YANG DARI ORANG DEWASA MERUPAKAN SUATU KEJAHATAN BAGI ANAK-ANAK MERUPAKAN KENAKALAN JADI SEMUA YANG DILARANG OLEH HUKUM PIDANA, SEPERTI MENCURI, MENGANIAYA DAN SEBAGAINYA.
2. SEMUA PERBUATAN PENYELEWENGAN DARI NORMA KELOMPOK TERTENTU UNTUK MENIMBULKAN KEONARAN DALAM MASYARAKAT.
3. SEMUA PERBUATAN YANG MENUNJUKKAN KEBUTUHAN PERLINDUNGAN BAGI SOSIAL.
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN REMAJA.
- REAKSI FRUSTASI DIRI
- GANGGUAN BERPIKIR DAN INTELEGENSIA PADA DIRI REMAJA
- KURANGNYA KASIH SAYANG ORANG TUA / KELUARGA
- KURANGNYA PENGAWASAN DARI ORANG TUA
- DAMPAK NEGATIF DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MODERN
- DASAR-DASAR AGAMA YANG KURANG.
- TIDAK ADANYA MEDIA PENYALUR BAKAT/HOBI
- MASALAH YANG DIPENDAM
- KELUARGA BROKEN HOME
- PENGARUH KAWAN SEPERMAINAN
-DLL
CONTOH / JENIS-JENIS KENAKALAN REMAJA :
- MEMBOLOS SEKOLAH
- KEBUT-KEBUTAN DI JALANAN
- PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA
- PERILAKU SEKSUAL PRANIKAH
- PERKELAHIAN ANTAR PELAJAR
-DLL
.
- ORANG TUA HARUS SELALU MEMBERIKAN DAN MENUNJUKKAN PERHATIAN DAN KASIH SAYANGNYA KEPADA ANAKNYA. JADILAH TEMPAT CURHAT YANG NYAMAN SEHINGGA MASALAH ANAK-ANAKNYA SEGERA DAPAT TERSELESAIKAN.
- PERLUNYA DITANAMKAN DASAR AGAMA YANG KUAT PADA ANAK-ANAK SEJAK DINI.
- PENGAWASAN ORANG TUA YANG INTENSIF TERHADAP ANAK. TERMASUK DI SINI MEDIA KOMUNIKASI SEPERTI TELEVISI, RADIO, AKSES INTERNET, HANDPHONE, DLL.
- PERLUNYA MATERI PELAJARAN BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH.
- SEBAGAI ORANG TUA SEBISA MUNGKIN DUKUNGLAH HOBI/BAKAT ANAK-ANAKNYA YANG BERNILAI POSITIF. JIKA ADA DANA, JANGAN RAGU-RAGU UNTUK MEMFASILITASI HOBI MEREKA, AGAR ANAK REMAJA KITA DAPAT TERHINDAR DARI KEGIATAN-KEGIATAN NEGATIF.
-DLL
ITULAH YANG DAPAT SAYA PAPARKAN TENTANG KENAKALAN REMAJA, MULAI DARI PENGERTIAN KENAKALAN REMAJA, FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KENAKALAN REMAJA, CONTOH / JENIS-JENIS KENAKALAN REMAJA SAMPAI DENGAN TIPS UNTUK MENCEGAH DAN MENGATASI KENAKALAN REMAJA. SEMOGA BISA BERMANFAAT BAGI PEMBACA. MASUKAN-MASUKAN SANGAT DITERIMA SEBAGAI BAHAN PERBAIKAN DARI ARTIKEL INI, KARENA MUNGKIN BANYAK TERDAPAT KEKURANGAN DI SANA-SINI.
KENAKALAN REMAJA MERUPAKAN GEJALA UMUM, KHUSUSNYA TERJADI DI KOTA-KOTA BESAR YANG KEHIDUPANNYA DIWARNAI DENGAN ADANYA PERSAINGAN-PERSAINGAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP, BAIK YANG DILAKUKAN SECARA SEHAT MAUPUN SECARA TIDAK SEHAT.
PERSAINGAN-PERSAINGAN TERSEBUT TERJADI DALAM SEGALA ASPEK KEHIDUPAN KHUSUSNYA KESEMPATAN MEMPEROLEH PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN. BETAPA KOMPLEKSNYA KEHIDUPAN TERSEBUT MEMUNGKINKAN TERJADINYA KENAKALAN REMAJA.
PENYEBAB KENAKALAN REMAJA SANGATLAH KOMPLEKS, BAIK YANG BERASAL DARI DALAM DIRI REMAJA TERSEBUT, MAUPUN PENYEBAB YANG BERASAL DARI LINGKUNGAN, LEBIH-LEBIH DALAM ERA GLOBALISASI INI PENGARUH LINGKUNGAN AKAN LEBIH TERASA. PEMAHAMAN TERHADAP PENYEBAB KENAKALAN REMAJA MEMPERMUDAH UPAYA-UPAYA YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGATASINYA. UPAYA-UPAYA TERSEBUT DAPAT BERSIFAT PREVENTIF, REPRESIF, DAN KURATIF.
TANGGUNG JAWAB TERHADAP KENAKALAN REMAJA TERLETAK PADA ORANGTUA, SEKOLAH, DAN MASYARAKAT, KHUSUSNYA PARA PENDIDIK BAIK YANG ADA DI KELUARGA (ORANGTUA), SEKOLAH (GURU-GURU DAN PARA GURU PEMBIMBING) MAUPUN PARA PENDIDIK DI MASYARAKAT, YAKNI PARA PEMUKA AGAMA DAN TOKOH-TOKOH MASYARAKAT.
ADAPUN MACAM – MACAM KENAKALAN REMAJA YANG SERING TERJADI DIANTARANYA ADALAH :
1. TAWURAN ANTAR PELAJAR
TAWURAN ANTAR PELAJAR ADALAH PERBUATAN YANG SANGAT BODOH, KARENA DAPAT MERUSAK FASILITAS UMUM DAN FASILITAS YG TERDAPAT DI SEKOLAH.
TAWURAN JUGA DAPAT MERUSAK MASA DEPAN, KARENA JIKA TERTANGKAP POLISI NAMA MEREKA YANG TERTANGKAP AKAN TERCEMAR.
2. MENCORET CORET DINDING SEKOLAH
MENCORET CORET SECARA ILEGAL ADALAH PERBUATAN YANG TIDAK BAIK, KARENA DAPAT MEMBUAT KOTOR SEKITAR LINGKUNGAN.
TETAPI JIKA KITA MELAKUKANNYA DENGAN BAIK, CORETAN CORETAN ITU DAPAT MANJADI KARYA KARYA SENI YANG BAIK, DAN JUGA DAPAT MANGHASILKAN MATA PANCAHARIAN YANG BAIK .
3. MENCURI
MANCURI JUGA DAPAT MERUSAK NAMA BAIK KITA, KARENA JIKA KITA KETAHUAN MENCURI, KITA AKAN MERASA SANGAT MALU, DAN KITA JUGA AKAN DI JAUHI OLEH ORANG ORANG YANG DEKAT DENGAN KITA, KARENA ORANG ITU SUDAH TIDAK PERCAYA LAGI DENGAN KITA.
4. BOLOS
KETUA KOMISI NASIONAL PERLINDUNGAN ANAK, SETO MULYADI MENGATAKAN KEBIASAAN ANAK MENGHABISKAN WAKTU LUANG ATAU MEMBOLOS SAAT JAM SEKOLAH SALAH SATUNYA DISEBABKAN KARENA PELAJARAN ATAU KEGIATAN DI SEKOLAH TIDAK MENARIK.
“KALAU DIPERHATIKAN, ANAK-ANAK AKAN BERTERIAK BAHAGIA KETIKA MENDENGAR BEL ISTIRAHAT ATAU BEL PULANG SEKOLAH,” UNGKAP KAK SETO, BEBERAPA WAKTU LALU DI JAKARTA.
LEBIH LANJUT KAK SETO MENGATAKAN, PARA AKEDIMISI SEHARUSNYA LEBIH MEMPERHATIKAN KEGIATAN YANG MENARIK DI SEKOLAH SEHINGGA PERHATIAN ANAK AKAN FOKUS PADA KEGIATAN POSITIF DI SEKOLAH.
DIA MENUNJUK, SEKOLAH NEGERI DAN PERANGKATNA YANG MASIH KURANG MAKSIMAL DALAM MENGAJAR KREATIF. BAHKAN KAK SETO MENEGASKAN, BELAJAR BUKANLAH KEWAJIBAN MELAINKAN HAK ANAK.
“BANYAK GURU YANG TIDAK MELIHAT PROSES KREATIVITAS ANAK. PADAHAL TIPE KECERDASAN DAN GAYA BELAJAR ANAK YANG SATU DENGAN YANG LAINNYA BERBEDA, TAPI SEMUANYA DISAMA RATAKAN. INI YANG MEMBUAT ANAK TIDAK BETAH ADA DI RUANG KELAS,” PAPARNYA.
5. MERUSAK FASILITAS SEKOLAH
MERUSAK FASILITAS SEKOLAH AKAN MERUGIKAN DIRI SAENDIRI DAN ORANG LAIN, KARENA KITA TIDAK BISA MEMAKAI ATAU MANGGUNAKAN FASILITAS FASILITAS TERSEBUT.
DAMPAK KENAKALAN REMAJA:
- Kenakalan dalam keluarga: Remaja yang labil umumnya rawan sekali melakukan hal-hal yang negatif, di sinilah peran orang tua. Orang tua harus mengontrol dan mengawasi putra-putri mereka dengan melarang hal-hal tertentu.Namun, bagi sebagian anak remaja, larangan-larangan tersebut malah dianggap hal yang buruk dan mengekang mereka. Akibatnya, mereka akan memberontak dengan banyak cara. Tidak menghormati, berbicara kasar pada orang tua, atau mengabaikan perkataan orang tua adalah contoh kenakalan remaja dalam keluarga.
- Kenakalan dalam pergaulan: Dampak kenakalan remaja yang paling nampak adalah dalam hal pergaulan. Sampai saat ini, masih banyak para remaja yang terjebak dalam pergaulan yang tidak baik. Mulai dari pemakaian obat-obatan terlarang sampai seks bebas.Menyeret remaja pada sebuah pergaulan buruk memang relatif mudah, dimana remaja sangat mudah dipengaruhi oleh hal-hal negatif yang menawarkan kenyamanan semu. Akibat pergaulan bebas inilah remaja, bahkan keluarganya, harus menanggung beban yang cukup berat.
- Kenakalan dalam pendidikan: Kenakalan dalam bidang pendidikan memang sudah umum terjadi, namun tidak semua remaja yang nakal dalam hal pendidikan akan menjadi sosok yang berkepribadian buruk, karena mereka masih cukup mudah untuk diarahkan pada hal yang benar. Kenakalan dalam hal pendidikan misalnya, membolos sekolah, tidak mau mendengarkan guru, tidur dalam kelas, dll.
Dampak Kenakalan Remaja
- Dampak kenakalan remaja pasti akan berimbas pada remaja tersebut. Bila tidak segera ditangani, ia akan tumbuh menjadi sosok yang bekepribadian buruk.
- Remaja yang melakukan kenakalan-kenakalan tertentu pastinya akan dihindari atau malah dikucilkan oleh banyak orang. Remaja tersebut hanya akan dianggap sebagai pengganggu dan orang yang tidak berguna.
- Akibat dari dikucilkannya ia dari pergaulan sekitar, remaja tersebut bisa mengalami gangguan kejiwaan. Yang dimaksud gangguan kejiwaan bukan berarti gila, tapi ia akan merasa terkucilkan dalam hal sosialisai, merasa sangat sedih, atau malah akan membenci orang-orang sekitarnya.
- Dampak kenakalan remaja yang terjadi, tak sedikit keluarga yang harus menanggung malu. Hal ini tentu sangat merugikan, dan biasanya anak remaja yang sudah terjebak kenakalan remaja tidak akan menyadari tentang beban keluarganya.
- Masa depan yang suram dan tidak menentu bisa menunggu para remaja yang melakukan kenakalan. Bayangkan bila ada seorang remaja yang kemudian terpengaruh pergaulan bebas, hampir bisa dipastikan dia tidak akan memiliki masa depan cerah. Hidupnya akan hancur perlahan dan tidak sempat memperbaikinya.
- Kriminalitas bisa menjadi salah satu dampak kenakalan. Remaja yang terjebak hal-hal negatif bukan tidak mungkin akan memiliki keberanian untuk melakukan tindak kriminal. Mencuri demi uang atau merampok untuk mendapatkan barang berharga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar